TULISAN TENTANG
CARA ORGANISASI DAPAT BERKEMBANG
DARI FAKTOR EKSTERNAL
Dalam
organisasi pada hakekatnya itu terdapat beberapa faktor – faktor yang
menyebabkan suatu perubahan dalam organisasi tersebut.Setiap perubahan yang
terjadi dalam organisasi itu sangatlah berpengaruh besar terhadap perkembangan
atau bahkan penurunan dari organisasi tersebut dikarenakan karena ada sesuatu
sistem yang berubah dari organisasi tersebut dari sistem sebelumnya,itulah yang
disebut sebagai perubahan dimana cara – cara atau sistem – sistem lama dalam
organisasi itu berganti dengan cara – cara atau sistem – sistem baru dalam
organisasi.Untuk lebih jelasnya dibawah ini saya akan jelaskan beberapa faktor
penyebab terjadinya perubahan dalam organisasi antara lain :
v Faktor Eksternal ( Faktor
Diluar Organisasi )
Faktor ekstern adalah faktor yang terjadi di luar sebuah organisasi
tersebut,contohnya itu seperti : faktor Teknologi dan Pemerintahan yang
mendukung suatu organisasi tersebut itu dapat berkembang dan beradaptasi dengan
lingkungan sekitarnya.Selain itu ada lagi faktor ekstern seperti : Selera pasar
yang semakin hari semakin cepat berubah tergantung dari selera konsumen,jadi perubahan
tersebut sangat cepat terjadi.
v Faktor Internal ( Faktor
Didalam Organisasi )
Faktor Intern adalah faktor yang terjadi di dalam sebuah organisasi
tersebut,contohnya itu seperti : faktor anggaran dalam organisasi itu,jadi yang
menyebabkan perubahan dalam organisasi tersebut karena faktor anggaran adalah sistem
atau kinerja dalam organisasi tersebut,misalnya anggaran yang lama tidak
memiliki suatu peningkatan atau hanya disitu – situ saja,tetapi setelah adanya
perubahan sistem anggaran yang baru dalam organisasi tersebut,anggaran
organisasi tersebut menjadi meningkat dan manajemen keungannya juga
bagus,itulah salah satu contoh perubahan intern dalam organisasi.
Faktor – faktor diatas adalah
faktor – faktor yang menyebabkan organisasi tersebut mengalami perubahan baik
di luar organisasi maupun di dalam organisasi.Perubahan tidak terjadi begitu
saja atau tidak secepat yang kita bayangkan,misalnya suatu organisasi yang
mikro pada awalnya,tiba – tiba suatu saat menjadi organisasi yang maju dan berkembang,tidak
semudah itu.Semua itu perlu adanya proses yang dapat menunjang suatu organisasi
itu mengalami perubahan yang lebih baik.Dan berikut saya akan jelaskan Proses
perubahan :
Dalam suatu proses itu ada
beberapa langkah untuk memenuhi tujuan organisasi tersebut yaitu :
·
Mengadakan
Pengkajian
Maksudnya adalah dalam organisasi tersebut diadakan suatu pengkajian atau
proses penindak lanjutan kegiatan – kegiatan atau cara – cara apa saja dalam
organisasi tersebut,misalnya diadakan pengkajian setiap sebulan sekali dalam
organisasi tersebut agar organisasi tersebut itu update dengan info- info yang
dapat menunjang kemajuan dan tujuan dari organisasi tersebut.
·
Mengadakan
Identifikasi
Maksudnya adalah melakukan penyelidikan atau pemeriksaan secara detail
tentang permasalahan – permasalahan apa saja yang terjadi dalam organisasi
tersebut,misalnya mengadakan identifikasi masalah kasus yang sedang terjadi
dalam organisasi tersebut setiap seminggu sekali,langkah tersebut bertujuan
agar dalam organisasi tersebut tahu bagaimana menyelesaikan masalah apa saja
yang terjadi dalam organisasi tersebut.
·
Menetapkan
Perubahan
Maksudnya adalah menetapkan suatu perubahan yang baru atau bisa dikatakan
sebuah sistem baru dalam organisasi tersebut,misalkan terjadi suatu perubahan
sistem dalam organisasi tersebut dari sistem yang lama dengan sistem yang baru
dan apabila dilihat dari kinerjanya sistem baru tersebut memang bagus dan
berkembang dari sistem yang lama,maka perubahan sistem tersebut harus
ditetapkan dan meninggalkan sistem yang lama.
·
Menentukan
Strategi
Maksudnya adalah sebelum melangkah dan memutuskan pilihan dalam suatu
organisasi tersebut, harus ditentukan dulu matang – matang atau difikirkan
terlebih dahulu kira – kira strategi apa yang dapat memajukan sebuah organisasi
tersebut.
·
Melakukan
Evaluasi
Maksudnya adalah melakukan suatu perubahan – perubahan sikap dalam
organisasi tersebut,misalnya kita cari dulu apa yang salah dalam organisasi
tersebut dan solusi apa yang dapat menyelesaikan masalah tersebut lalu kita
benarkan kesalahan – kesalahan tersebut dan tidak akan mengulanginya
lagi,itulah yang disebut mengevaluasi atau bisa dikatakan melakukan sebuah
perubahan atau perbaikan dalam organisasi tersebut,dengan sering kita
mengevaluasi dalam organisasi tersebut, maka organisasi tersebut menjadi
bersikap hati – hati dan teliti dalam setiap bertindak melakukan sesuatu yang
berdampak langsung dalam organisasi tersebut.
Jadi pada intinya organisasi itu jangan cukup puas dengan apa yang sudah di
dapat,terus mencari peluang – peluang apa saja yang kiranya dapat diminati oleh
banyak orang dan dapat memejukan organisasi tersebut,menjalin komunikasi yang
baik dan melakukan sebuah perubahan – perubahan besar yang dapat memajukan
organisasi tersebut menjadi lebih baik dan juga merubah strategi – strategi
lama dengan strategi – strategi baru yang dapat menunjang sebuah organisasi
tersebut lebih berfikir kreatif dan berguna bagi organisasi – organisasi yang
lain dan menciptakan sebuah inovasi baru dalam organisasi tersebut yang belum
pernah ada sebelumnya,dengan begitu organisasi tersebut lama – kelamaan akan
menjadi organisasi yang berkembang bahkan bisa maju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar