Senin, 27 Oktober 2014

TUGAS 1 ARTIKEL BAHASA INDONESIA 1

ARTIKEL BAHASA INDONESIA 1

A. PERANAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA

                       
                  Menurut Gorys Keraf (1997 : 1), Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Sedangkan Bahasa Indonesia adalah alat pemersatu bangsa Indonesia yang memiliki banyak perbedaan, baik dari segi suku, agama, ras, adat istiadat dan budaya yang masing-masing memiliki bahasa daerah tersendiri. Oleh karena itu, keberadaan bahasa Indonesia sangatlah penting bagi masyarakat Indonesia itu sendiri. Bahasa Indonesia merupakan penunjang aktivitas masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.  Dalam era globalisasi, kita sebagai warga negara indonesia sudah sepantasnya bangga dan menjunjung tinggi bahasa persatuan kita, yaitu bahasa indonesia. jati diri bahasa Indonesia perlu dibina dan dimasyarakatkan. Hal ini diperlukan, agar bangsa indonesia tidak terbawa arus oleh pengaruh budaya asing yang masuk ke indonesia.

Peranan Bahasa Indonesia yaitu :

·         Sebagai alat komunikasi
·          Sebagai alat untuk mengekspresikan diri
·         Sebagai alat integrasi dan beradaptasi sosial dalam lingkungan atau situasi tertentu
·         Sebagai alat untuk melakukan control sosial

Fungsi Bahasa Indonesia yaitu :

1. Bahasa sebagai Alat Ekspresi Diri
            Pada awalnya sewaktu kita kecil kita menggunakan bahasa untuk mengekspresikan kehendak dan keinginan kita. Dan seiring berjalannya waktu kita tidak lagi  menggunakan bahasa hanya untuk mengekspresikan keinginan kita melainkan dengan cara berkomunikasi dengan orang tua dan lingkungan sekitar. Setelah kita dewasa kita sudah bisa menggunaan bahasa untuk mengekspresikan diri dan untuk berkomunikasi.
            Pada saat kita berbicara atau menggunakan bahasa sebagai alat ekspresi diri kita tidak perli memperhatikan siapa pendengarnya karena bahasa menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang ada dalah hati kita.

2. Bahasa sebagai alat komunikasi
            Komunikasi merupakan akibat yang lebih jauh daripada ekspresi diri. Komunikasi tidak sempurna bila ekspresi kita tidak diterima atau dipahami oleh orang lain. Sebagai alat komunikasi bahasa merupakan saluran untuk melahirkan perasaan kita dan menciptakan kerja sama dengan sesama warga. Pada saat kita menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi kita sudah mempunyai tujuan tertentu yaitu agar dipahami oleh orang lain dan menyampaikan gagasan agar dapat diterima dan untuk mempengaruhi orang lain. Selain menggunakan bahasa untuk berkomunikasi kita juga bisa mempertimbangkan apakah bahasa yang kita gunakan laku untuk dijual atau yang lebih mudah dimengerti oleh masyarakat umum.

3. Bahasa sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial.
            Pada saat kita beradaptasi kepada lingkungan sosial, kita tentu akan memilih bahasa yang kita gunakan bergantung pada situasi dan kondisi yang sedang kita hadapi.kita akan menngunakan bahasa yang berbeda pada orang yang berbeda. Tentunya kita akan menggunakan bahasa yang non standar pada teman sebaya dan menggunakan bahasa standar pada orang tua atau orang yang kita hormati.
4. Bahasa Sebagai Alat Kontrol Sosial
            Sebagai alat kontrol sosial bahasa sangat efektif yang dapat diterapkan pada diri kita sendiri atau kepada masyarakat. Contoh fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial yang sangat mudah kita terapkan adalah sebagai alat peredam rasa marah salah satunya yaitu menulis.

B. RAGAM BAHASA
 a. Ragam bahasa Media (Lisan)

             Ragam bahasa baku lisan didukung oleh situasi pemakaian sehingga kemungkinan besar terjadi pelesapan kalimat. Namun hal itu tidak mengurangi ciri kebakuannya. Walaupun demikian ketepatan dalam pilihan kata dan bentuk kata serta kelengkapan kalimat dan unsur-unsur didalam struktur kalimat tidak menjadi ciri kebakuan dalam ragam baku lisan karena situasi dan kondisi pembicara menjadi pendukung didalam memahami makna gagasan yang disampaikan secara lisan.
Pembicara lisan dalam situasi formal berbeda tuntutan kaidah kebakuannya dengan pembicara lisan dalam situasi tidak formal atau santai.Jika ragam bahasa dituliskan, ragam bahasa itu tidak bisa disebut ragam bahasa tulis, tetapi tetap disebut sebagai ragam lisan. Oleh karena itu, bahasa yang dilihat dari ciri- cirinya tidak  menunjukan cir-ciri ragam tulis, walaupun direalisasikan dengan tulisan,  ragam bahasa serupa itu tidak dapat dikatakan sebagai ragam tulis. Kedua ragam itu masing-masing adapun ciri dari keduanya:
      Ciri-ciri ragam lisan:
         • Memerlukan orang kedua/teman bicara.
         • Tergantung kondisi, ruang, dan waktu.
         • Tidak harus memperhatikan gramatikal, hanya perlu intonasi serta bahasa tubuh.
         • Berlangsung cepat
      Contohnya; “Sudah saya baca buku itu”

b. Ragam Tulis
            Dalam penggunaan ragam bahasa baku tulisan makna kalimat yang diungkapkan nya ditunjang oleh situasi pemakaian sehingga kemungkinan besar terjadi pelesapan unsur kalomat. Oleh karrena itu, enggunaan ragam baku tulis diperlukan kecermatan dan ketepatan dalam pemilihan kata, penerapan kaidah ejaan, struktur bentuk katadan struktur kalimat, serta kelengkapaan unsur-unsur bahasa di dalam struktur kalimat.
           Ciri-ciri ragam tulis:
        1. Tidak memerlukan orang kedua/teman bicara
        2. Tidak tergantung kondisi, situasi & ruang serta waktu
        3. Harus memperhatikan unsur gramatikal
        4. Berlangsung lambat
        5. Selalu memakai alat bantu;
        6. Kesalahan tidak dapat langsung dikoreksi;
                      7. Tidak dapat dibantu dengan gerak tubuh dan mimik muka, hanya terbantu dengan             tanda baca.
            Contohnya: “Saya sudah membaca buku itu”.

     Perbedaan antara ragam lisan dan tulisan (berdasarkan tata bahasa dan kosa kata ) :
     Tata Bahasa :
            a. Ragam Bahasa lisan
                        1.  Nia sedang baca surat kabar.
                        2. Ari mau nulis surat.
                         3. Tapi kau tak boleh menolak lamaran itu.

              b. Ragam bahasa tulisan.

                        1. Nia sedang membaca surat kabar.
                         2. Ari mau menulis surat.
                         3. Namun, engkau tidak boleh menolak lamaran itu.
    Kosa kata :
       a. Ragam bahasa lisan
           1. Ariani bilang kalau kita harus belajar.
           2. Kita harus bikin karya tulis.
           3. Rasanya masih terlalu pagi buat saya, Pak

       b. Ragam bahasa tulisan
           1. Ariani mengatakan bahwa kita harus belajar.
           2. Kita harus membuat karya tulis.
           3. Rasanya masih telalu muda bagi saya, Pak.




           
C. PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI KALANGAN             MASYARAKAT / KELUARGA ANDA

            Bahasa merupakan sesuatu hal yang diajarkan sejak kecil oleh orang tua kita. Merupakan suatu hal yang kita gunakan untuk berkomunikasi setiap hari setiap menit dan setiap detik. Maka dari itu bahasa merupakan sebuah alat yang sangat berpengaruh didalah kehidupan sekelompok manusia disebuah wilayah yang mereka huni.
            Penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar dalam lingkup keluarga sebenarnya tidak terlalu intens penggunaannya. Hal itu dikarenakan kita lebih cenderung menggunakan bahasa sehari-hari yang lebih santai dan tidak terlalu memperhatikan aturan bahasa indonesia yang sebenarnya. Namun hal itu tergantung dari pola hidup tiap keluarga. Keluarga yang berasal dari keluarga yang terpandang baik status sosial maupun ekonominya cenderung lebih formal dalam menggunakan bahasa dengan baik dan benar. Tetapi semuanya tergantung dari ajaran orang tua dan kemauan seseorang untuk bisa berbahasa indonesia yang baik dan sopan.
            Tak jauh berbeda dengan penggunaan bahasa di keluarga, di kalangan masyarakat umum penggunaan bahasa juga sangat bergantung dari pergaulan masing-masing. Pergaulan yang cenderung urakan biasa nya lebih senang menggunakan bahasa-bahasa kasar yang dapat memicu perselisihan dan kesalahpahaman yang nantinya akan merugikan diri sendiri dan orang lain disekitar. Berbeda dengan pergaulan orang-orang yang terpandang yang biasa nya memperhatikan bahasa yang akan mereka gunakan agar tidak terjadi perselisihan antar sesama. Seperti yang kita lihat Pada zaman sekarang ini rasa kebangsaan orang Indonesia mulai luntur karena sebagian besar dari mereka sudah memodifikasi bahasa indonesia itu sendiri menjadi bahasa yang biasa disebut “bahasa gaul” . hal tersebut mungkin tidak terlallu berpengaruh dalam kelangsungan hidup seseorang , namun hal itu tentu akan membahayakan kelangsungan negara ini . Mengapa demikian, karena dengan munculnya bahasa-bahasa baru yang dimodifikasi dari bahasa indonesia , maka akan menghilangkan keaslian dari bahasa indonesia itu sendiri. Hal ini juga memungkinkan perubahan makna sebuah kata/kalimat dari yang bermakna baik menjadi bermakna buruk atau sebaliknya. Melihat fenomena ini kita sebagai generasi penentu bangsa sepatutnya tetap menjaga keaslian bahasa indonesia itu sendiri agar dapat dikenal oleh dunia.




D.KELEMAHAN DAN KELEBIHAN APABILA MEMPELAJARI   BAHASA  INDONESIA


            Bahasa Indonesia telah dikenalkan pada kita sejak kita lahir. Kita mungkin berfikir bahwa belajar bahasa Indonesia tidaklah begitu penting dibandingkan belajar bahasa lain, karena mungkin kita telah menggunakannya dalam kehidupah sehari-hari. Meskipun tanpa kita sadari bahwa bahasa yang kita gunakan sering kali berbeda dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

1. KELEMAHAN
·         Bahasa indonesia merupakan bahasa yang sangat mudah untuk di pelajari namun sulit untuk menerapkannya.
·         Banyak nya keragaman bahasa daerah yang nantinya akan merubah dan mempengaruhi kemurnian dari bahasa indonesi.
·         Membosankan jika kita menggunakan bahasa yang kaku dan formal saat bersama teman-teman.

2. KELEBIHAN
·         Dengan menggunakan bahasa yang baik akan membuat lawan bicara mudah mengerti dengan apa yang kita bicarakan.
·         yang berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan terlihat sangat berwibawa dan berpendidikan.
·         Meningkatkan efisiensi dalam penggunaan kosa kata (tidak terjadi pengulangan kata dan bermakna ambigu)
·         Mempelajari bahasa indonesia dengan baik dan benar berarti kita sudah berpartisipasi dalam melestarikan bangsa indonesia melalui bahasa indonesia.
·         Dapat melatih keterampilan berbahasa indonesia karna di dunia kerja sangat dibutuhkan untuk bisa berbahasa yang formal,baik dan benar.
·         Melemahkan penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar karna kekreatifan masyarakat indonesia yang membuat suatu bahasa pergaulan yang baru.

Sumber :
http://ardivillamino.blogspot.com/2012/10/fungsi-bahasa-indonesia-secara-umum.html
http://curbisica.blogspot.com/2011/09/pentingnya-penggunaan-bahasa-indonesia.html
http://axelyoprimastomo.wordpress.com/2013/10/23/bahasa-di-lingkungan-masyarakat-dan-keluarga/
http://axelyoprimastomo.wordpress.com/2013/10/23/bahasa-di-lingkungan-masyarakat-dan-keluarga/
http://risanputtra.wordpress.com/2013/10/23/kelemahan-dan-kelebihan-belajar-bahasa-indonesia/






1 komentar:

  1. Coin Casino (2021) Review | 100% up to $1,000
    Coin Casino has a huge variety of games. It is one of the oldest and most reputable online casinos owned 바카라 사이트 by 인카지노 the gaming company, Bonus: 100% up to $1,000 제왕 카지노

    BalasHapus