Jumat, 31 Oktober 2014

TUGAS GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA


Rizka Husni 
16112534
3KA31

MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL
DENGAN MENGGUNAKAN LIBRARY OPEN GL

               Kali ini saya akan menjelaskan tentang tugas mata kuliah “Grafik Komputer & olah Citra” yaitu tentang pembuatan garis vertikal, horizontal dan diagonal dengan menggunakan Bahasa Pemrograman C++ yang dipadukan dengan library  dari OpenGL yaitu Glut.h.

1. PEMBUATAN GARIS VERTIKAL
                Pertama kita akan membuat garis vertikal dengan menggunakan program c++ dan library open GL.  Pada saat kita membuat project  OpenGL  akan muncul  coding asli dari library tersebut dan perlu diperhatikan disini terdapat lokasi untuk pembuatan codingan.  Perhatikan pada coding berikut “/*OpenGL animation code goes here*/”,  maksudnya  adalah komentar untuk pembuatan coding animasi dengan menggunakan C++ dan disitulah kita mulai memasukkan codingan.



Berikut codingan dan penjelasannya :
·         /* OpenGL animation code goes here */ ini maksudnya adalah pemberian komentar komentar untuk pembuatan coding animasi dengan menggunakan C++.
·         glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);// kodingan ini digunakan untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
·         glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);//  ini adalah untuk membersihkan layar latar belakang
·         glPushMatrix (); // Digunakan untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
·         glClearColor(1,1,1,0);// Digunakan untuk menentukan warna garis/titik.
·         glColor3f(1,1,1); // Ini digunakan untuk menentukan warna garis/titik.
·         glBegin(GL_LINES); // digunakan untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .
·         glVertex3f(0.10,10.0,13.13);// Digunakan untuk menentukan titik awal yang digunakan.
·          glVertex3f(0,0,0.0);// Digunakan untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
·         glEnd ();// adalah untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .
·         glPopMatrix ();//Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
·         SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
            Kemudian kita jalankan project dengan mengcompile dengan cara menekan tombol F9, sebelumnya file di save dulu sebelum di compile lalu jalankan dengan menekan tobol f9. Jika tidak terdapat error maka program bisa di running.


 
 2. PEMBUATAN GARIS HORIZONTAL
            Caranya sama seperti membuat garis vertikal hanya berbeda pada codingan nya saja pada pembuatan garis horizontal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian "glvertex3f" disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis Horizontal.  



Codingan dan penjelasannya :
·         /* OpenGL animation code goes here */
·          /*Untuk membuat garis Horizontal*/
·         glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
·         glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
·         glPushMatrix();           //[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
·         glClearColor(1,1,1,0);  //[untuk menentukan warna garis/titik]
·         glColor3f(1,1,1); //      [untuk menentukan warna garis/titik]
·         glBegin(GL_LINES);               //[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
·         glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);   //[ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
·         glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);        //[ untuk menentukan titik yang digunakan ]
·         glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);     //[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
·         glEnd();             ////[untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
·         glPopMatrix(); //[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
·         SwapBuffers (hDC); //[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
·         Sleep (1);
        }
    }

Menjalankannya juga sama seperti garis vertikal dan outputnya seperti gambar dibawah ini :



3. PEMBUATAN GARIS DIAGONAL


Codingan dan penjelasannya :
 /*Untuk membuat garis Diagonal*/

·         glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  //[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
·         glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);  //[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
·         glPushMatrix ();           //[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
·         glClearColor(1,1,1,0);      //[untuk menentukan warna garis/titik]
·         glColor3f(1,1,1);              // [untuk menentukan warna garis/titik]
·         glBegin(GL_LINES);         //[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
·         glVertex3f(0,0,-0.8);       //[ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
·         glVertex3f(9.9,8.9,0.1);  //[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
·         glEnd ();                          //[untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
·         glPopMatrix ();          // [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
·         SwapBuffers (hDC); //[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);

    /* shutdown OpenGL */
Maka hasil Outputnya akan seperti gambar berikut :

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar