MEMBUAT
GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL
DENGAN
MENGGUNAKAN LIBRARY OPEN GL
Kali
ini saya akan menjelaskan tentang tugas mata kuliah “Grafik Komputer & olah
Citra” yaitu tentang pembuatan garis vertikal, horizontal dan diagonal dengan
menggunakan Bahasa Pemrograman C++ yang dipadukan dengan library dari OpenGL yaitu Glut.h.
1. PEMBUATAN GARIS VERTIKAL
Pertama kita akan membuat garis
vertikal dengan menggunakan program c++ dan library open GL. Pada saat kita membuat project OpenGL akan muncul
coding asli dari library tersebut dan perlu diperhatikan disini terdapat
lokasi untuk pembuatan codingan. Perhatikan
pada coding berikut “/*OpenGL animation code goes here*/”, maksudnya adalah komentar untuk pembuatan coding animasi
dengan menggunakan C++ dan disitulah kita mulai memasukkan codingan.
Berikut
codingan dan penjelasannya :
·
/* OpenGL animation code goes here */ ini maksudnya
adalah pemberian komentar komentar untuk pembuatan coding animasi dengan
menggunakan C++.
·
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);// kodingan ini
digunakan untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam
mode RGBA
·
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);// ini adalah untuk membersihkan layar latar belakang
·
glPushMatrix (); // Digunakan untuk membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
·
glClearColor(1,1,1,0);// Digunakan untuk
menentukan warna garis/titik.
·
glColor3f(1,1,1); // Ini digunakan untuk
menentukan warna garis/titik.
·
glBegin(GL_LINES); // digunakan untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan .
·
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);// Digunakan
untuk menentukan titik awal yang digunakan.
·
glVertex3f(0,0,0.0);// Digunakan untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
·
glEnd ();// adalah untuk mengakhiri gambar garis dititik
akhir .
·
glPopMatrix ();//Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
·
SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Kemudian kita jalankan project
dengan mengcompile dengan cara menekan tombol F9, sebelumnya file di save dulu
sebelum di compile lalu jalankan dengan menekan tobol f9. Jika tidak terdapat
error maka program bisa di running.
2. PEMBUATAN GARIS HORIZONTAL
Caranya sama
seperti membuat garis vertikal hanya berbeda pada codingan nya saja pada
pembuatan garis horizontal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di
line bagian "glvertex3f" disinilah dimana sebuah garis
dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang
koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita
gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run
lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis
berbentuk garis Horizontal.
Codingan dan
penjelasannya :
·
/* OpenGL animation
code goes here */
·
/*Untuk membuat garis
Horizontal*/
·
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
·
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
·
glPushMatrix();
//[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
·
glClearColor(1,1,1,0); //[untuk
menentukan warna garis/titik]
·
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna garis/titik]
·
glBegin(GL_LINES);
//[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
·
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); //[
untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
·
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
//[ untuk menentukan titik yang digunakan ]
·
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
//[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
·
glEnd();
////[untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
·
glPopMatrix(); //[Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
·
SwapBuffers (hDC); //[digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
·
Sleep (1);
}
}
3. PEMBUATAN
GARIS DIAGONAL
Codingan dan
penjelasannya :
/*Untuk membuat
garis Diagonal*/
·
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //[
untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
·
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
//[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
·
glPushMatrix ();
//[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
·
glClearColor(1,1,1,0); //[untuk menentukan warna garis/titik]
·
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik]
·
glBegin(GL_LINES); //[untuk menggambar garis dari titik
yang digunakan ]
·
glVertex3f(0,0,-0.8); //[
untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
·
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); //[
untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
·
glEnd ();
//[untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
·
glPopMatrix (); // [Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
·
SwapBuffers (hDC); //[digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
/*
shutdown OpenGL */
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar